Frequently Asked Questions

Best Collection PAF adalah Lomba Fotografi Internal tahunan eksklusif yang ditujukan bagi Anggota PAF dan diselenggarakan untuk menguji kemampuan fotografis seorang Anggota PAF. Lomba ini pun turut dijadikan simulasi dalam menghadapi Salonfoto Indonesia.

Yang berhak untuk mengikuti Best Collection PAF adalah semua Anggota PAF (Junior & Senior) yang telah melunasi Iuran Anggota minimal sampai pada bulan yang bersamaan dengan penyelenggaraan Best Collection.

Syarat dan ketentuan mengikuti lomba dapat dibaca di Regulasi lomba.
Sedangkan biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,-/kategori, namun jika mengikuti 4 (semua) kategori maka biayanya menjadi hanya Rp 75.000,- saja.

Pada Best Collection kali ini peserta tidak perlu repot mencetak foto karena semua kategori dalam Best Collection menggunakan media file digital/softcopy. Lebih detilnya dapat dilihat di Regulasi lomba.

  • Best Collection PAF tidak mengenal perbedaan Jenjang Peringkat antara Junior dan Senior, semua foto dijuri bersama tidak dipisahkan.
  • Proses penjurian berbeda dengan sistem Penjurian Lomba Bulanan yang hanya satu tahap, pada Best Collection penjurian dilakukan melalui 3 tahap:
    1. Tahap pertama (Preliminary) para juri memberikan penilaian murni tanpa melalui preview foto, kemudian ditentukan jumlah foto yang maju ke babak kedua. Foto-foto yang lolos ke babak kedua ini yang disebut Accepted.
    2. Tahap kedua (Seleksi) diawali dengan preview foto, kemudian juri menilai foto lebih mendalam dari berbagai aspek selain faktor teknis, mengeliminasi foto-foto yang mungkin serupa sehingga foto yang lolos ke babak selanjutnya benar-benar kuat dan lebih bervariasi.
    3. Tahap ketiga (Final) juri menilai untuk menentukan pemenang yang akan memperoleh medali.
  • Pada Best Collection ada pemenang Best Set.

Pada Best Collection maupun Salonfoto Indonesia terdapat penghargaan berupa Best Set atau Pasangan Terbaik.
Set adalah 4 foto dalam satu kategori. Jika seorang peserta mengumpulkan empat buah foto dalam satu kategori maka disebut satu Set.
Kemudian jika pada saat penjurian ke-4 (semua) foto tersebut Accepted (lolos ke Penjurian Tahap Kedua) maka Set foto tersebut akan dipertandingkan dengan Set-Set foto peserta lain yang juga lolos ke Tahap 2.
Penilain Set berdasarkan banyak faktor, selain faktor teknis, konten, juga umumnya berdasarkan variasi dari Set tersebut.
Set terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa Best Set.

Best Collection tidak menyediakan hadiah uang namun di setiap kategori meyediakan hadiah berupa:

  • 1 medali Emas
  • 1 medali Perak
  • 1 medali Perunggu
  • 1 medali Emas untuk Pasangan Terbaik (Best Set)
  • 7 tanda pernghargaan (Honorable Mention)

Dan juga ada Penghargaan Khusus yaitu:

  • Best Human Interest (R.M. Soelarko Award) – Open Monochrome
  • Best Creative (K.C. Limarga Award) – Open Colour
  • Best Culture (Setiady Tanzil Award) – Photo Travel
  • Piala bergilir PAF – Juara Umum

Selain medali dan poin, dengan mengikuti Best Collection PAF peserta dapat memperoleh pembelajaran fotografis secara (kompetisi) langsung dengan peserta lain. Peserta pun dapat mengetahui seberapa kuat foto-foto mereka yang akan diikutkan dalam Salonfoto Indonesia karena tata cara lomba Best Collection yang disamakan dengan Salonfoto Indonesia.
Melalui Best Collection ini juga, seorang Anggota Senior PAF dapat belajar secara praktek dalam lingkup penjurian.

Perolehan Poin dalam Best Collection tidak dijumlahkan ke poin Lomba Foto Bulanan namun turut diperhitungkan secara terpisah sebagai salah satu syarat untuk Kenaikan Jenjang Peringkat & Gelar Anggota PAF.